Kamis, 21 Januari 2016

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Diposting oleh Unknown di 03.50


 Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan  

Pengertian Perushaan

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor-faktor produksi  untuk menyediakan barang-barang, jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memmuaskan kebutuhan masyarakat.

Jenis-jenis perusahaan :

a.       Perusahaan Manufaktur (Manufacturing)

Mengubah input dasar menjadi produk yang dijual kepada masing-masing pelanggan.

b.       Perusahaan Dagang (Merchandising)

Menjual produk kepada pelanggantanpa mengubah bentuk barang dan jasa.

c.       Perusahaan Jasa (Service)

Menghasilakn jasa untuk pelanggan.

Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan

Tempat dan Letak Perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan . Letak dan tempat Kedudukan perusahaan harus di putuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap, di tinjau dari aspek ekonomi maupun aspek teknis. Disamping pertimbangan terhadap kebutuhan pada saat pendirian, pemilihan letak dan tempat kedudukan perusahaan harus pula mempertimbangkan fleksibilitas terhadap kemungkinan recana di masa depan dalam hal perluasa pabrik, diservikasi produksi, daerah pemasaran hasil produksi, perubahan dan perluasan bahan baku, dan sebagainya.

Faktor-faktor Pokok Penentu Pemilih Lokasi Industri :

·         Lokasi dari sumber bahan mentah untuk poduksi
·         Letak dari pasar konsumen
·         Ketersediaan tenaga kerja
·         Ketersediaan pengangkut atau transportasi
·         Ketersediaan energi

Jenis-Jenis Lokasi Perusahaan :

·         Ditetapkan pemerintah
·         Mengikuti sejarah
·         Mengikuti kondisi alam
·         Mengikuti faktor-faktor ekonomi

Perusahaan dan Lembaga Sosial

Lembaga Sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antara manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Dalam pendekatan ekonomi, pemisalan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah, perusahaan akan melakukan kegiatan produksinya hingga mencapai tingkat keuntungan maksimum. Meskipun demikian memperoleh laba bukanlah satu-satuunya tujuan perusahaan. Masih ada tujuan lain seperti memberikan kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran, prestise, pertimbangan politik, upaya pengabdian kepada masyarakat dan sebagainya

Dengan demikian, yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial terletak pada penekanan atau prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup, dan tanggung jawab sosial. Lembaga sosial lebih menekankan prioritas pada tanggung jawab sosial dan pperusahaan berorienntasi pada perolehan keuntungan.

Berbagai macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruh terhadap Perusahaan

1.      Lingkungan Eksternal

Lingkungan Eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan peruasahaan. Lingkungan eksternal meliputi variable-variable di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan sosial ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variable-variable ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang. Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :

a.       Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan yang berepengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.

Contoh :
·         Hukum
·         Perekonomian
·         pendidikan dan kebudayaan
·         Kependudukan

b.      Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadapa kegiatan usaha.

2.      Lingkungan Internal

Lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.

Faktor Lingkungan :

·         Lingkungan perekonomian yang erat berhubungan dengan pasar dimana diadakan penjualan dan pembelian  barang dan jasa
·         Lingkungan sepert politik, pemerintah, hukum, dan militer yang mengatur kegiatan perusahaan
·         Tanah dan alam sekitar
·         Pemerintah dan hokum
·         Uang, kredit, capital
·         Tersedianya tenaga kerja
·         Sikap konsumen
·         Hubungan internasional.

Pendekatan dalam melihat Bisnis dan Lingkungan

Dalam hal ini siapa yang berhasil mendekati konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai meliat faktor lingkungan. Jadi dalam hal ini yang merupakan factor yang sentral adalah masyarakat atau konsumen sedangkan pengusaha mengelilinginya untuk melayani kebutuhan secara lebih baik sesuai dengan selera konsumen. Pandangan ini disebut “Consumer Oriented Approach” atau “Pendekatan yang berorientasi Konsumen”.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ciao Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos