Penetapan harga
Penetapan
harga adalah suatu proses untuk menentukan seberapa besar pendapatan yang akan
diperoleh atau diterima oleh perusahan dari produk atau jasa yang di hasilkan.
Penetapan harga telah memiliki fungsi yang sangat luas di dalam program
pemasaran, yang berarti kita harus mempelajari kebutuhan, keinginan, dan
harapan konsumen.
Dalam
penetapan harga, produsen harus memahami secara mendalam besaran sensitifitas
konsumen terhadap harga. Menurut Roberto pada buku Applied Marketing Research,
bahwa dari hasil penelitian menyebutkan isu utama yang berkaitan dengan
sensitifitas harga yaitu; elasitas harga dan ekspektasi harga.
B. Tujuan penetapan harga
Ø Mempertahankan kelangsungan operasi perusahaan
Ø Merebut pangsa pasar
Ø Mencari keuntungan
Ø Mempertahankan status quo
Ø Mencapai target laba
C.Langkah –
langkah Penetapan Harga
1. Memilih tujuan penetapan harga
2. Menentukan permintaan
3. Memperkirakan biaya
4. Menganalisi biaya, harga dan penawaran pesaing
5. Memilih meode penetapan harga
6. Memilih harga akhir
D.Factor
penetapan harga
Factor internal
o Tujuan pemasaran
o Strategi bauran pemasaran
o Biaya
o Metode penetapan harga
Factor eksternal
o Sifaat pasar dan permintaan
o Persaingan
o Factor lingkungan lain (pemerintahan hukum, serikat buruh,
konsumen, karyawan, dsb)
E. Metode penetapan harga
Setelah
perusahaan menentukan dan menetapkan tujuan yang akan dicapai, maka langkah
atau tahapan selanjutnya adalah menentukan metode penetapan harga. Secara umum
metode penetapan harga terdiri dari 3 macam pendekatan, yakni ;
1) Penetapan harga berdasarkan
biaya.
a) Penetapan Harga Biaya Plus
Didalam metode ini, harga
jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit
ditambah jumlah tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit
tersebut ( margin )
Rumus ; Biaya Total
+ Margin = Harga Jual
b) Penetapan Harga Mark-Up
Untuk metode Mark-up ini,
harga jual per unit ditentukan dengan menghitung harga pokok pembelian per unit
ditambah ( mark-up ) jumlah tertentu.
Rumus ; Harga
Beli + Mark-Up = Harga Jual
c) Penetapan Harga BEP ( Break
Even Point )/ Titik Impas
Metode pentapan harga
berdasarkan keseimbangan antara jumlah total biaya keseluruhan dengan jumlah
total penerimaan keseluruhan.
Rumus ; BEP =>
Total Biaya = Total Penerimaan
2) Penetapan Harga berdasarkan
Harga Pesaing/Kompetitor
Penetapan
harga dilakukan dengan menggunakan harga kompetitor sebagai referensi, dimana
dalam pelaksanaannya lebih cocok untuk produk yang standar dengan kondisi pasar
oligopoli. Penerapan strategi harga jual juga bisa digunakan untuk mensiasati
para pesaingnya, misalkan dengan cara menetapkan harga di bawah harga pasar
dengan maksud untuk meraih pangsa pasar.
3) Penetapan Harga Berdasarkan
Permintaan
Proses penetapan
harga yang didasari persepsi konsumen terhadap value/nilai yang diterima (price
value), sensitivitas harga dan perceived quality. Untuk mengetahui value dari
harga terhadap kualitas, maka analisa Price Sensitivity Meter (PSM) merupakan
salah satu bentuk yang dapat digunakan. Pada analisa ini konsumen diminta untuk
memberikan pernyataan dimana konsumen merasa harga murah, terlalu murah, terasa
mahal dan terlalu mahal dan dikaitkan dengan kualitas yang diterima.
F. Strategi Penentuan Harga
1. Strategi harga produk baru
·
Skimming
·
Menetapkan harga yang
relative tinggi pada saat produk di luncurkan pertama kali dipasar
·
Penetration pricing.
·
Penetapan harga dengan
meluncurkan produk dengan harga yang murah.
2. Strategi harga psikologis
·
Prestige pricing
·
Menetapkan harga yang
tinggi menanamkan citra kualitas tinggi.
·
Odd pricing
·
Menetapkan harga yang
ganjil atau sedikit dibawah jumlah yang genap.
·
Multiple unit pricing
·
Perusahaan menjual dengan
harga rendah dengan pembeli banyak.
·
Pricing lining
·
Perusahaan menjual produk
dengan harga yang berbeda untuk model yang berbedadalam lini produk terntu.
·
Leader pricing
·
Menetapkan harga lebih
rendah daripada harga pasar/ harga normal untuk meningkatkan omsetpenjualan/
pembeli.
3. Strategi harga diskon
Memberikan potongan harga
atau diskon utuk meningkatkan penjualan
4. Strategi harga kompetitif
· Relative pricing
Strategi penentuan harga dengan menetapkan harga
diatas dibawh atau sama dengan tingkat persaingan.
0 komentar:
Posting Komentar